Lattice Icon Preloader

Lattice Teknologi Mandiri

Technology

Apa itu ERP (Enterprise Resource Planning) Software?

Apa itu ERP (Enterprise Resource Planning) Software?
| By Adnan Fauzi


Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem perangkat lunak modularyang dirancang untuk mengintegrasikan area fungsional utama dari proses bisnisperusahaan ke dalam satu sistem yang terpadu.


ERPmen-standardisasi, menyederhanakan, dan mengintegrasikan proses bisnis sepertikeuangan, sumber daya manusia, pengadaan, distribusi, dan departemen lainnya.


Padatahun 1990, Gartner menciptakan istilah ERP untuk mendeskripsikan evolusiperencanaan kebutuhan material (MRP) dan perencanaan sumber daya manufaktur(MRP II) ketika fungsi keduanya berkembang dari manufaktur ke bagian-bagianlain dari perusahaan, biasanya keuangan dan SDM.


SistemERP berkembang pesat pada tahun 1990-an sebagai respons terhadap peristiwa Y2Kdan pengenalan Euro. Sebagian besar perusahaan membutuhkan cara untukmeningkatkan efisiensi dalam bisnis mereka, dan ERP menyediakan cara yang hematbiaya untuk menggantikan sistem lama dengan paket standar yang dapatmenyederhanakan berbagai proses bisnis yang kompleks.


Keuntungan Menggunakan ERP


Untuk mengintegrasikan informasi keuangan

Tanpasistem yang terintegrasi, masing-masing departemen, seperti keuangan,penjualan, dan sebagainya, harus bergantung pada sistem yang terpisah. Inimengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan biaya yang berbeda untukmasing-masing sistem. Karyawan juga harus menghabiskan waktu untukmerekonsiliasi data keuangan ketimbang memikirkan cara untuk meningkatkanperusahaan.

Untuk mengelola pesanan dan persediaan

Dengansistem ERP, perusahaan dapat mengelola pesanan, produksi, persediaan, dandistribusi.  Karena seluruh proses tersebut dikelola melalui satu sistem,maka keterlambatan dapat dihindari, persediaan selalu dalam tingkat yangmencukupi, dan permintaan pelanggan selalu terpenuhi dengan baik.

Untuk mengelola dan menganalisis pelanggan

Kebanyakansistem ERP menyediakan modul CRM untuk melacak semua interaksi pelanggan danmemberikan informasi terkait pesanan, pengiriman, pengembalian, permintaanlayanan, dan lain-lain. ERP juga memungkinkan pengecer mendapatkan wawasantentang perilaku dan kebutuhan pelanggan

Untuk men-standarisasi dan mempercepat produksi

Perusahaanmanufaktur, terutama yang memiliki keinginan untuk merger dan akuisisi, seringmenemukan bahwa beberapa unit bisnis membuat widget serupa menggunakanmetode dan sistem komputer yang berbeda. Sistem ERP dapat men-standardisasi danmengotomatisasi proses produksi. Standardisasi ini menghemat waktu,meningkatkan produktivitas, dan mengurangi biaya.

Untuk mengelola HR

Banyak perusahaan, terutama yang memiliki banyak unit bisnis, kesulitanuntuk mengelola kebutuhan karyawan, mendistribusikan gaji dan insentif, atauuntuk melacak jam kerja mereka.

Sistem ERP, memungkinkan perusahaan untuk menyimpan informasi detailkaryawan, mengatur gaji, memantau kehadiran, melacak pengeluaran, mengelolapermintaan cuti, memberikan penilaian, mengelola pajak, dan masih banyak lagi.

Karyawan juga dapat diberikan hak akses untukmengajukan cuti, meminta pengembalian dana, melihat slip gaji, memasukkan jamkerja, melihat informasi tentang karyawan lain, dan lain-lain.

Untuk menangani pengadaan

Tanpabantuan sistem terintegrasi, perusahaan akan kesulitan mengelola pembelianbarang dan berkomunikasi dengan pemasok. Sistem ERP mengizinkan perusahaanuntuk mengotomatiskan pembelian, mengontrol biaya yang dikeluarkan untukpembelian barang, mempercepat pemesanan barang ke pemasok, dan lain-lain.

Untuk membuat berbagai laporan

Membuatlaporan adalah tugas yang memakan banyak waktu. Namun dengan sistem ERP,laporan keuangan, pajak, penjualan, dan lain-lain dapat dihasilkan hanya dalamhitungan detik. Sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan laporanlengkap yang akurat yang dapat membantu pemangku kepentingan membuat keputusanbisnis yang lebih baik.

Related Blogs

Categories
Social Media
Whatsapp Us