Lattice Icon Preloader

Lattice Teknologi Mandiri

Technology

Apa itu MES (Manufacturing Execution Systems)?

Apa itu MES (Manufacturing Execution Systems)?
| By Adnan Fauzi

Manufacturing execution systems (MES) adalah sistem terkomputerisasi yang digunakan dalam manufaktur untuk melacak dan mendokumentasikan transformasi bahan baku menjadi barang jadi.

MES memberikan informasi yang membantu pembuat keputusan memahami bagaimana kondisi saat ini di lantai pabrik dapat dioptimalkan untuk meningkatkan hasil produksi.

MES bekerja secara real time untuk memungkinkan kontrol beberapa elemen dari proses produksi (mis. Input, personel, mesin, dan layanan pendukung).

MES dapat beroperasi di berbagai area fungsi, misalnya: manajemen definisi produk di seluruh siklus hidup produk, penjadwalan sumber daya, pelaksanaan dan pengiriman pesanan, analisis produksi dan manajemen waktu henti untuk efektivitas peralatan secara keseluruhan (OEE), kualitas produk, atau trek bahan dan jejak.

MES menciptakan catatan "as-built", menangkap data, proses, dan hasil dari proses pembuatan. Ini bisa sangat penting dalam industri yang diatur, seperti makanan dan minuman atau farmasi, di mana dokumentasi dan bukti proses, peristiwa dan tindakan mungkin diperlukan.

Related Blogs

Categories
Social Media
Whatsapp Us